Hilangnya Makna 'Selamat Ulang Tahun'

Label: ,

Ilustrasi Ulang Tahun

Ulang tahun adalah perayaan yang di dalamnya terdapat kegiatan mensyukuri rahmat Tuhan atas usia yang telah diterima. Bagi Anda yang memiliki akun facebook, pernahkah Anda menerima ucapan 'selamat ulang tahun' ketika sedang merayakannya? Saya pernah menerimanya. Namun pernahkah terpikir tentang kata-kata yang mereka (teman facebook) tulis di wall Anda?

Saya mungkin terlalu kolot untuk menilai ucapan seseorang. Tapi ini murni opini saya yang mungkin bisa membuka pikiran untuk kembali memaknai ucapan 'selamat ulang tahun'.

Contoh 1Contoh 1

Sebaiknya jangan meniru contoh 1. Apa Anda mengerti kepanjangan dari tulisan pada gambar di atas? Jika Anda mengerti, pasti Anda yang menulisnya. Namun bagaimana dengan orang yang membaca tulisan tersebut? Maka dari itu, sebaiknya kurangi penggunaan penyingkatan kata dalam hal apapun kecuali jika terpaksa.

Contoh 2Contoh 2

Ini adalah tradisi pemuda jaman sekarang. Ulang tahun memang selalu identik dengan perayaan yang melibatkan orang banyak. Namun apakah perayaan ulang tahun harus selalu dirayakan dengan mentraktir teman? Jika Anda memang berpikiran demikian, boleh lah. Namun jika Anda yang meminta teman yang sedang ulang tahun untuk mentraktir, apakah itu etis? Dari contoh di atas, bisa jadi itu adalah sebuah guyonan dari seorang sahabat kepada yang sedang merayakan ulang tahun. Saran saya, lebih baik Anda menggunakan momen perayaan ulang tahun untuk berbagi bersama kaum fakir miskin. Itu akan lebih menghibur mereka dan memberikan ketentraman dalam hati Anda karena telah membantu sesama.

Contoh 3Contoh 3
Dari beberapa contoh, contoh 3 - lah yang menurut saya paling tepat. Di contoh ini digambarkan seseorang yang menulis status untuk dirinya sendiri. Dari situ kita bisa mendapatkan inti perayaan ulang tahun. Ketika Anda berulang tahun sebaiknya gunakan momen itu untuk mengoreksi diri agar di usia yang bertambah jadi makin mengenali diri. Jika Anda sudah mengenali diri Anda sendiri, percayalah Anda akan lebih bisa mengenali dan menghargai makhluk ciptaan Tuhan yang lain.

Akhir kata, dengan ini saya juga mengucapkan Selamat Ulang Tahun pada kedua adik saya. Bhakti Harya Wibawa (16) dan Dirgantara Harya Manahcika (7). Semoga dengan semakin bertambahnya usia mereka akan menjadikan pengalaman sebagai guru terbaiknya. Selain itu, semoga mereka semakin membahagiakan orang tua dan menghargai makhluk ciptaan Tuhan yang lain.