Belajar Arti Hidup dengan Bersepeda

Label: ,

Aku, sepedaku, dan teman-temanku

Bersepeda memang hobi saya sejak kecil. Hobi ini semakin menggila sejak kelas 4 SD. Waktu itulah saya mendapat hadiah dari orang tua berupa sebuah sepeda MTB 26". Yah, namanya juga keluarga sederhana, sepeda yang dibelikan oleh orang tuaku memang tidak mahal. Tapi cukup untuk memberikan banyak pelajaran tentang arti hidup.

Mengapa arti hidup bisa orang dapatkan dengan bersepeda? Sebelum saya menjawabnya, pernahkah Anda bersepeda dan menemukan banyak inspirasi? Jika Anda menemukan banyak inspirasi, saya menemukan beberapa arti kehidupan melalui kegiatan bersepeda.

Berusaha dulu baru bersenang-senang atau sebaliknya?
Ketika bersepeda pasti ada jalanan yang menanjak dan ada pula yang menurun. Bagaimana perasaan Anda ketika menemui banyak tanjakan? Bagaimana pula ketika Anda menemui banyak turunan? Ketika saya bersepeda dari daerah pegunungan ke dataran rendah, pasti melalui banyak turunan. Namun ketika pulang, jalan tanjakan yang saya temui. Itulah rahasia kehidupan dalam bersepeda. Ketika Anda memilih untuk bersenang-senang terlebih dahulu, suatu saat Anda akan menanggungnya seperti ketika menghadapi jalanan menanjak.
Begitu pula sebaliknya. ketika diawali dengan sebuah usaha, kelak Anda akan menikmati hasil dari usaha tersebut. Hal ini bisa dirasakan ketika Anda bersepeda melewati daerah tanjakan dan kemudian pulang dengan jalan yang sama. Dapat dipastikan sepeda Anda akan meluncur tanpa harus dikayuh. Itulah saat dimana Anda menikmati hasil dari usaha tersebut.

Sabar dalam menghadapi kehidupan
Sepeda adalah alat transportasi yang lambat tapi mengasyikkan. Ketika bersepeda di jalanan dan disalip oleh banyak kendaraan bermotor apalagi jika diremehkan oleh mereka, bagaimana reaksi Anda? Sebaiknya Anda sabar menghadapi semua itu.

Gigih dalam mencapai tujuan
Mengayuh sepeda ke tempat tujuan pasti membutuhkan energi. Rasanya percuma jika Anda memiliki banyak energi tapi tidak tahu bagaimana cara menggunakan energi tersebut untuk mencapai sebuah tujuan. Energi yang banyak, harus diimbangi dengan kegigihan agar kesuksesan bisa didapat.


Sebenarnya ada banyak rahasia kehidupan yang saya dapatkan melalui bersepeda. Lain kali jika ada yang bisa saya pelajari lagi, pasti akan saya share di blog ini agar kita semua bisa menghargai arti kehidupan.

Sukses untuk Anda.
Anom Harya