Perintah Console Linux - Extract Package & Compressed File

Label: ,

Ketika anda mempelajari linux, secara otomatis anda akan belajar tentang command dari console. Namun banyak orang yang menganggap perintah dalam console itu sulit dan rumit. Namun jika dibandingkan dengan matematika atau bahkan fisika, apa console masih lebih sulit?


Pada posting kali ini saya sebagai newbie (pendatang) di dunia linux akan membagikan ilmu mengenai console linux, khususnya perintah untuk meng-esktrak file yang dikompres. File kompresan dalam linux biasanya memiliki ekstensi *.rpm ; *.deb ; *.tar.gz ; *tar.bz2 ; *.zip ; *.rar . Sejauh ini apa anda masih bingung?

Semua jenis ekstensi file di atas tidak bekerja pada satu distro linux. Contohnya, file berekstensi *.deb bekerja pada linux ubuntu. File berekstensi *.rpm bekerja pada distro mandriva dan fedora. Sedangkan untuk *.tar.gz ; *.zip ; *.rar ; dan *.tar.bz2 bekerja secara universal pada semua distro linux

Berikut akan saya jelaskan satu persatu secara mudah agar anda bisa memahaminya,
    *.rpm
  1. bash$ rpm -ivh namafile.rpm
  2. *.deb
  3. bash$ deb -i namafile.deb
  4. *.tar.gz
  5. bash$ tar -xzf namafile.tar.gz
  6. *.tar.bz2
  7. bash$ tar -xjf namafile.tar.bz2
  8. *.rar
  9. bash$ unrar namafile.rar
  10. *.zip
  11. bash$ unzip namafile.zip


Khusus untuk unrar mungkin ada distro yang tidak menyediakannya secara default. Anda bisa mendapatkannya melalui link ini

Tulisan di atas adalah mengenai meng-extract file ter-kompress. Namun sekarang, bagaimana jika anda menemui file yang tidak berekstensi seperti di atas? misalnya anda hanya menemui file make atau configure, apa yang harus anda lakukan? Berikut ini adalah perintah yang bisa anda berikan ke dalam console untuk meng-install aplikasi tersebut.

    Jika terdapat file makefile
  1. bash$ make

    bash$ su root
    Password:
    bash$ make install

  2. Jika terdapat file configure
  3. bash$ ./configure (optional arguments)

    bash$ make

    bash$ su root
    Password:
    bash$ make install



Bagaimana? mudah bukan? Jika tutorial di atas masih belum bisa mengatasi permasalahan anda, itu berarti sudah saatnya manual linux anda baca. Ketikkan saja man [perintah yang ditanyakan] ke dalam konsole, maka manual linux akan keluar untuk membantu permasalahan anda. Selamat berjuang dan cintai linux seperti mencintai keluarga anda.