Lifestyle - Vegetarian, Gaya Hidup Sehat

Label: , ,

Makan sayur dan buah-buahan baik bagi tubuh
Vegetarian adalah sebuah gaya hidup dimana orang yang menjalaninya tidak memakan daging (paling utama) dan telur serta produk susu (menyesuaikan). Kata vegetarian sendiri berasal dari bahasa latin 'vegetus' yang berarti hidup. Namun menurut kamus oxford, vegetarian terbentuk dari kata 'vegetable' dan mendapat akhiran 'arian'.

Awalnya vegetarian ini populer di India kuno. Peradaban vegetarian juga terkenal pada jaman Yunani kuno di Italia Selatan dan di Yunani (6 SM). Meski dipraktekkan di dua benua berbeda, namun konsep vegetarian saat itu masih sama yakni anti kekerasan (ahimsa) terhadap hewan dan dipromosikan oleh kelompok-kelompok keagamaan dan filsuf. Sedangkan pada jaman Romawi kuno vegetarian tidaklah dilakukan untuk tujuan ahimsa, melainkan bertujuan untuk pengekangan fisik. Kemudian pada 1847 muncul vegetarian society (komunitas vegetarian) yang hingga kini berkembang di abad 21.

Vegetarian sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya:
Jenis Daging&Ikan Telur Susu Madu
Lacto-Ovo Tidak Ya Ya Ya
Lacto Tidak Tidak Ya Ya
Ovo Tidak Ya Tidak Ya
Vegan Tidak Tidak Tidak Tidak

Sebenarnya masih ada jenis vegetarian lainnya seperti Fruitarianisme, Su-Vegetarianisme,dll (bisa anda lihat di wikipedia)

Faktor

Orang melakukan diet vegetarian memiliki berbagai macam motivasi, mulai dari alasan kesehatan hingga yang benar - benar serius yakni alasan kepercayaan. Berikut ini mayoritas alasan mengapa orang memilih diet vegetarian sebagai gaya hidup mereka:

Kesehatan
Kesehatan adalah faktor yang paling sering mendukung mengapa orang - orang harus menjadi seorang vegetarian. Pada sebagian besar penelitian telah menunjukkan bahwa angka kematian akibat penyakit jantung iskemik adalah 24% lebih rendah pada vegetarian daripada orang yang non-vegetarian. Protein, dan asam amino bagi tubuh dapat ditemukan dalam sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, susu kedelai, telur dan susu. Diet vegetarian juga dapat membantu menjaga berat badan di bawah kontrol dan secara substansial mengurangi risiko penyakit jantung dan osteoporosis. Secara tidak langsung, jika anda telah menjadi vegetarian maka harapan hidup anda semakin panjang dibandingkan dengan non-vegetarian.

Agama & Kepercayaan
Saya sendiri beragama Hindu. Dalam agama Hindu diajarkan tentang ahimsa (tidak membunuh), dan menurut saya dengan menjadi vegetarian adalah pilihan yang tepat untuk melaksanakan ahimsa. Sedangkan untuk agama dan kepercayaan yang lain, saya yakin mereka juga memiliki kebebasan untuk menentukan pilihan menjadi vegetarian atau tidak. Yang terpenting adalah kita tidak meninggalkan (lupa) Tuhan ketika menjadi seorang vegetarian.

Kondisi Ekonomi
Kondisi ekonomi juga berpengaruh besar terhadap pola hidup vegetarian. Saya yang seorang anak kos bisa menghemat uang karena tidak membeli daging untuk dimakan. Mungkin hal ini bisa dianalogikan dengan orang yang kurang mampu dan memilih untuk hidup menjadi vegetarian. Vegetarian itu murah, sedangkan jika anda beranggapan bahwa vegetarian itu mahal, itu karena masakan vegetarian tidak dibuat dengan cara mudah. Pada kesempatan lain mudah - mudahan akan saya posting resep makanan vegetarian untuk anda.

Psikologi
Sekarang kita bermain ke dalam area psikologi. Coba anda berikan seekor ayam hidup dan sebuah apel segar ke anak kecil. Apa yang anak kecil tersebut lakukan? Dia pasti akan memainkan ayam dan memakan apel tersebut. Contoh lainnya, Ada sebuah sapi di padang gurun, dan itu membuat singa ngiler melihat sapi tersebut. Tapi manusia, apa manusia juga ngiler melihat sapi? Mungkin dari hal itulah bisa kita tarik kesimpulan bahwa sebenarnya manusia memang omnivora yang vegetarian. lho kok gitu?


Lingkungan Sekitar
Seorang vegetarian juga bisa hadir karena faktor keluarga yang sudah menjadi vegetarian terlebih dahulu. Meski begitu, keluarga saya dulunya bukanlah seorang vegetarian syukurnya sekarang sudah vegetarian, tapi kenapa saya tidak ikut mereka ya? hehehe

Nah, sekarang bagaimana? anda ingin menjadi vegetarian dan hidup sehat? Sebenarnya tidak menjadi vegetarian yang penuh pun tak apa asalkan anda masih memperhatikan pola makan. Sehingga kontrol terhadap kesehatan anda masih bisa dikendalikan. Namun, jika anda ingin menjadi vegetarian dan bingung bagaimana cara memulainya, bisa anda baca disini.

Terima Kasih
Sukses untuk kita semua.

Sumber : wikipedia