Menambah Koneksi Ms. Access 2007 dengan MySQL Connector ODBC

Label: , , ,


Koneksi antara Ms. Access dengan MySQL diperlukan ketika kita ingin mengimpor data yang telah dibuat dari Ms. Access ataupun Ms. Excel. Pada tutorial sebelumnya saya sudah menulis bagaimana cara untuk memasukkan data dari Ms. Access ke dalam MySQL. Sekarang adalah tutorial tentang cara menghubungkan Ms. Access 2007 ke dalam MySQL dengan menggunakan MySQL Connector ODBC.

Apa Anda sudah memiliki dan meng-install MySQL Connector ODBC? Jika belum, download saja disini. Jika sudah, mari kita memulai langkah-langkah berikut.
  1. Buat data dari Ms. Access 2007. Data juga bisa Anda buat dengan Ms. Excel 2007, saya sudah menuliskan bagaimana cara memasukkan data bertipe *.xls atau *.xlsx ke dalam Ms. Access 2007 disini.
  2. Window berikut ini muncul ketika Anda akan meng-ekspor data ke dalam bentuk ODBC Database.
  3. Bentuk koneksi baru dengan mengklik New pada window tersebut di atas. Jika sudah di-klik maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah. Scroll window dan pilih MySQL ODBC 5.1 Driver kemudian klik Next
  4. Akan muncul window Create New Data Source. Klik Browse, Anda akan masuk ke dalam window yang meminta Anda untuk membuat sebuah file baru dengan nama sesuai pilihan Anda. Ketikkan nama dan klik Save.
  5. Ketika sudah disave, maka window Save As akan tertutup dan window Create New Data Source akan terbuka kembali. Klik next, kemudian finish. Sekarang Anda sudah memiliki sebuah data source.
  6. Window dari MySQL ODBC Connector muncul untuk meminta autentikasi user. Ketikkan saja nama server, user, dan password sesuai dengan account yang telah Anda miliki di MySQL. Kemudian klik Test untuk mengecek apakah koneksi sudah benar. Jika koneksi benar maka daftar database akan muncul pada form Database.
  7. Koneksi antara Ms. Access 2007 dengan MySQL Connector ODBC sudah terbentuk. Silahkan untuk mulai memaksimalkan fungsi dari Ms. Access 2007


Sumber : Eksperimen Sendiri