Instalasi Allegro di DevCpp

Label: , , ,

Allegro adalah library yang biasanya digunakan untuk menciptakan sebuah game berbasis grafik. Allegro berisi fungsi-fungsi siap pakai yang berguna untuk membuat program game seperti fungsi grafis, suara, keyboard, mouse, joystik, 3D dan sebagainya. Salah satu keunggulan Allegro adalah sifatnya yang cross platform (dapat digunakan pada sistem operasi yang berbeda). Selain itu, jika anda menggunakan editor Devcpp maka akan semakin memudahkan Anda dalam mendapatkan Allegro.


Bagaimana cara meng-install Allegro di DevCpp (DevC++)? Berikut ini caranya,

  1. Buka aplikasi DevCpp.
  2. Arahkan mouse ke Tools kemudian klik Check for Updates/ Packages...
  3. Setelah di-klik maka akan muncul window WebUpdate. Dari situ, lihat form paling atas, pilih Devpaks.org Community Devpaks.
  4. Pilih package yang akan diinstall. Pada kesempatan ini, pilih Allegro, dengan memberi tanda centang di sebelah kirinya. Jika Anda ingin mendownload Allegro secara lengkap, Pilih menu pada groups yang tersedia di window yang sama
  5. Klik Download.
  6. Tunggu saja sampai proses download selesai, Ketika proses download selesai lakukan langkah di bawah.
  7. Arahkan mouse ke Tools, Klik Compiler Options.
  8. Akan muncul Window Compiler Options. Arahkan perhatian pada perintah Add these commands to the linker command line.
  9. Beri centang pada form tersebut dan ketikkan -lalleg di dalamnya.
  10. Anda sudah siap menggunakan Allegro untuk coding games menggunakan DevCpp

O iya, untuk menambah referensi tentang coding game dalam C++ silahkan mengunjungi situs cppgameprogramming karena saya pikir web tersebut sudah melingkupi programmer-programmer C++ yang berkonsentrasi di bidang game. Selain itu, web tersebut memang sudah menjadi anjuran ketika kita mendapati masalah dalam coding games menggunakan C++.

Selamat mencoba.

Sumber : eksperimen sendiri