Tips - 7 Langkah Hidup yang Berguna

Label: ,

7 Langkah Hidup yang BergunaSetiap orang mendambakan masa depan yang lebih baik. Kesuksesan adalah hal yang paling diinginkan ketika menjalani hidup. Ada banyak macam, diantaranya kesuksesan dalam karir, rumah tangga dan hubungan sosial. Namun seringkali kita terbentur oleh berbagai kendala. Kendala terbesar justru ada pada diri kita sendiri. Melalui karyanya, Joel Osteen menantang kita untuk keluar dari pola pikir yang sempit dan mulai berpikir dengan paradigma yang baru.

Ada 7 langkah agar kita mencapai potensi hidup yang maksimal :

  • Langkah pertama : perluas wawasan
    Anda harus memandang kehidupan ini dengan mata iman, pandanglah diri Anda sedang melesat ke level yang lebih tinggi. Anda harus memiliki gambaran mental yang jelas tentang apa yang akan Anda raih. Gambaran ini harus menjadi bagian dari diri, didalam benak, dalam percakapan, meresap ke pikiran alam bawah sadar, dalam perbuatan, dan dalam setiap aspek kehidupan Anda.

  • Langkah ke dua : mengembangkan gambar diri yang sehat
    Itu artinya Anda harus melandasi gambar diri diatas apa yang Tuhan katakan tentang Anda. Keberhasilan meraih tujuan sangat tergantung pada bagaimana Anda memandang diri sendiri dan apa yang Anda rasakan tentang diri Anda. Sebab hal itu akan menentukan tingkat kepercayaan diri Anda dalam bertindak. Fakta menyatakan bahwa Anda tidak akan pernah melesat lebih tinggi dari apa yang Anda bayangkan mengenai diri sendiri.

  • Langkah ke tiga : temukan kekuatan dibalik pikiran dan perkataan Anda
    Target utama serangan musuh adalah pikiran Anda. Ia tahu sekiranya Ia berhasil mengendalikan dan memanipulasi apa yang Anda pikirkan, maka ia akan berhasil mengendalikan dan memanipulasi seluruh kehidupan Anda.

    Pikiran menentukan prilaku, sikap dan gambar diri. Pikiran menentukan tujuan. Bahkan kitab suci memperingatkan kita untuk senantiasa menjaga pikiran.

  • Langkah ke empat : lepaskan masa lalu, biarkanlah ia pergi
    Anda mungkin saja telah kehilangan segala yang tidak seorangpun patut mengalaminya dalam hidup ini. Jika Anda ingin hidup berkemenangan (selalu menang, tidak membuat kecewa) , Anda tidak boleh memakai trauma masa lalu sebagai dalih untuk membuat pilihan-pilihan yang buruk saat ini. Anda harus berani tidak menjadikan masa lalu sebagai alasan atas sikap buruk Anda selama ini, atau membenarkan tindakan Anda untuk tidak mengampuni seseorang.

  • Langkah ke lima : temukan kekuatan di dalam keadaan yang paling buruk
    Sekalipun kita harus bersikap :”Saya boleh saja terjatuh beberapa kali dalam hidup ini, tetapi tetapi saya tidak akan terus tinggal dibawah sana.” Kita semua menghadapi tantangan dalam hidup ini. Kita semua pasti mengalami hal-hal yang datang menyerang kita. Kita boleh saja dijatuhkan dari luar, tetapi kunci untuk hidup berkemenangan adalah belajar bagaimana untuk bangkit lagi dari dalam.

  • Langkah ke enam : memberi dengan sukacita
    Salah satu tantangan terbesar yang kita hadapi adalah godaan untuk hidup mementingkan diri sendiri. Sebab kita tahu bahwa Tuhan memang menginginkan yang terbaik buat kita, Ia ingin kita makmur, menikmati kemurahan-Nya dan banyak lagi yang Ia sediakan buat kita, namun kadang kita lupa dan terjebak dalam prilaku mementingkan diri sendiri. Sesungguhnya kita akan mengalami lebih banyak sukacita dari yang pernah dibayangkan apabila kita mau berbagi hidup dengan orang lain.

  • Langkah ke tujuh : memilih untuk berbahagia hari ini
    Anda tidak harus menunggu sampai semua persoalan terselesaikan. Anda tidak harus menunda kebahagiaan sampai Anda mencapai semua sasaran Anda. Tuhan ingin Anda berbahagia apapun kondisi Anda, sekarang juga!
Ketujuh langkah di atas sangat perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari - hari agar tetap menjadi manusia yang berguna (umumnya) dan menjadi manusia yang sukses (khususnya). Jadi mulai sekarang ubahlah kehidupan Anda yang lalu, yang penuh dengan kebodohan semu. Mengapa saya menyebutnya "kebodohan semu" ? Karena saya beranggapan bahwa anda sendiri yang membodohi diri Anda. Bangkitlah, jangan mau dikalahkan oleh ego dan gengsi. Buat diri anda menjadi seorang pemenang di hari ini.


Sekian. Terima Kasih.
Salam sukses.


Sumber : imisup.blogspot.com