Tips - Meningkatkan Percaya Diri

Label: , ,


Berbicara mengenai masalah kepercayaan diri, ada orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan sebaliknya, ada pula orang yang tidak percaya pada dirinya sendiri. Apa anda termasuk orang yang saya sebut di nomor dua? Rahasia dalam membuat orang lain percaya kepada anda adalah bagaimana kemampuan anda memosisikan diri sebagai makhluk sosial (bergaul di masyarakat). Jika anda tidak bisa bergaul karena kurang percaya diri, bagaimana cara anda untuk dipercaya oleh orang di sekitar anda? Jika memang demikian, anda adalah orang yang memang kurang percaya diri dan butuh menjalani beberapa tips yang saya sajikan di bawah ini.

  1. Rasa Malu/ Minder
  2. Rasa percaya diri sangat dekat dengan rasa malu/minder pada diri seseorang. Anda harus mampu mengupas perasaan malu Anda untuk kemudian mengatasinya satu demi satu. Dan obat paling mujarab untuk mengatasi rasa malu Anda adalah dengan rasa malu Anda tersebut. Misalnya Anda malu berbicara di depan audien maka mulailah sedikit-sedikit belajar berbicara di depan audien atau Apabila Anda bergender laki-laki, ketika Anda malu mendekati cewek idaman Anda maka mulailah belajar mendekati cewek walaupun ia bukan idaman Anda, sekedar untuk berlatih –cara ini lumayan mudah diterapkan dan saya yakin Anda akan menikmatinya. Dan kata kuncinya adalah ‘paksa diri Anda’, karena disini Anda dituntut untuk lepas dari zona nyaman Anda sebagai ‘seorang pemalu’.
  3. Jangan Takut Akan Kesempurnaan
  4. Tampil sempurna dan tampil baik bukan merupakan hal yang sama. Khawatir tentang rasa malu akibat kesalahan-kesalahan kecil, akan menghindarkan Anda dari kesempatan-kesempatan bagus menantang yang dapat lebih mematangkan diri Anda. Misalnya Anda ditunjuk sebagai koordinator sebuah Acara –walau Anda belum pernah menghandle sebuah acarapun, jangan panik atau bahkan jangan menolak. Terima dan jalani saja kepercayaan yang diberikan, ini merupakan kesempatan Anda mulai belajar satu-demi-satu seluk beluk pengelolaan Acara tersebut. Kalaupun pada Acara ini Anda gagal, setidaknya Anda telah banyak belajar di sini, dan ketika Anda dihadapkan pada tanggung jawab serupa Anda sudah menguasainya.
  5. Jangan Takut Akan Kegagalan
  6. Ketika sekolah, Anda sering diajarkan tentang bagaimana ‘mengerikannya’ sebuah kegagalan yang harus selalu Anda hindari. Namun, pada relita kehidupan ini, kegagalan justru merupakan cara seseorang untuk belajar. Memang tidak selamanya belajar dari kegagalan merupakan suatu hal yang menyenangkan, namun kalau Anda membaca perjalanan hidup orang-orang berhasil, Anda akan menemukan bahwa mereka labih banyak mengalami kegagalan dibanding orang-orang pad umumnya. Berusahalah berpikir positif bahwa di setiap kegagalan Anda, pasti ada rencana Alloh yang lebih besar untuk Anda.
  7. Prilaku Positif
  8. Cobalah untuk balajar bagaimana berprilaku positif. Dua orang memiliki keahlian (skills) dan kemampuan (ability), namun prilaku positif yang dimiliki, akan menempatkan mereka pada posisi yang berbeda. Hal ini bukan merupakan proses semalam jadi, tapi proses yang berjalan terus menerus selama Anda hidup.
  9. Tingkatkan Setiap Hari
  10. Usahakan untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda setiap hari, walaupun sedikit-sedikit. Namun setelah berjalan 1 atau 2 tahun, dan Anda menengok ke belakang, Anda akan merasakan lengkah besar yang telah Anda lakukan dalam hidup Anda. Misalnya, ketika SMA Anda merupakan seorang pemalu yang minder bila harus tampil di depan kelas, namun sekarang Anda sudah menjadi pembicara hebat.
  11. Bersikap Asertif
  12. Asertivitas adalah suatu kemampuan untuk mengkomunikasikan apa yang diinginkan, dirasakan, dan dipikirkan kepada orang lain namun dengan tetap menjaga dan menghargai hak-hak serta perasaan pihak lain. Dalam bersikap asertif, seseorang dituntut untuk jujur terhadap dirinya dan jujur pula dalam mengekspresikan perasaan, pendapat dan kebutuhan secara proporsional, tanpa ada maksud untuk memanipulasi, memanfaatkan atau pun merugikan pihak lainnya. Mulai sekarang cobalah merubah sikap. Jadilah orang yang tahu kapan harus berkata tidak dan kapan berkata ya. Coba sekali-kali untuk tidak terlalu membayangkan orang lain akan berkomentar apa tentang diri anda. Dan jangan takut untuk membuat sebuah perubahan.
  13. Objektivitas Menilai Diri Sendiri
  14. Tidak ada orang di dunia ini yang hidup dengan penuh kesempurnaan, begitu juga orang yang penuh dengan kekurangan sehingga menganggap dirinya tidak berguna. Maka dari itu anda harus bisa menilai kemampuan anda sendiri. Bila anda sudah bisa menilai diri sendiri secara objektif, anda akan tahu kemampuan anda. Jika sudah tahu kemampuan anda, maka sudah saatnya anda mengurangi kebiasaan buruk (kelemahan) dan meningkatkan keunggulan anda.
  15. Bicaralah Yang Lugas
  16. Salah satu ciri orang yang kurang percaya diri adalah tidak bicara secara lugas dan penuh kebingungan ketika harus berbicara di depan orang. Jika anda memang orang yang tidak bisa berbicara di depan publik, cobalah untuk berlatih berbicara sendiri di depan cermin setiap hari selama 10 menit. Kewibawaan seseorang dapat dinilai dari sudut pandang berpikir dan gaya berbicaranya, maka dari itu jka anda sudah bisa berbicara di depan publik (dengan percaya diri dan sopan) saya yakin banyak orang yang akan menilai anda sebagai orang yang berwibawa.
Sekarang tunggu apa lagi? Segera lakukan perubahan pada diri anda. Kesuksesan menanti anda jika anda sendiri mau menggapainya. Percayalah pada diri bahwa anda adalah orang sukses yang belum muncul di tengah masyarakat. Selamat mencoba.

Sumber : tipsanda.com